Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 09.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Slow Respon
Untuk pemesanan Fast Respon Hubungi via WA/SMS ke 0812-2179-6013
Beranda » Artikel Terbaru » Celana Cingkrang Dan Jenggot

Celana Cingkrang Dan Jenggot

Diposting pada 16 January 2018 oleh yudhihafidz

Fenomena yang sering terjadi di negara kita ini adalah sesuatu yang tidak umum menjadi terlihat aneh dan bahkan extrme, ada beberapa kejadian yang bisa di jumpai dengan perbedaan pemahaman aqidah tidak sedikit orang yang langsung menjastifikasi bahwa diri nya lah yang paling benar dan yang tidak sependapat dengan nya salah. Ini yang keliru kita sering mengatakan toleransi dalam segala hal karena negara kita negara demokrasi, mungkin untuk masalah duniawi kita bisa toleransi tapi untunk masalah agam itu adalah perintah Allah Subhanahu wata’ala yang memang jelas kita harus melaksana kan nya. Al-quran dan Al-hadits sudah menjelaskan banyak tentang ajaran islam yang baik yang kembali kepada sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alahi wa sallam, jika kita mengkaji lebih dalam perbedaan firqoh pasti ada para ulama saja berbeda pandangan dan pendapat namun bukan arti nya harus menganggap yang tidak sepemahaman dengan nya adalah buruk, ada nya kajian-kajian yang bisa kita ikuti ada nya majelis ilmu yang bisa kita datangi insya allah dengan izin Allah kita akan menjadi orang yang Allah tambah pengetahuan dan ilmu agama nya.

Sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam itu adalah haq yang harus di kerjakan oleh umat muslim karena Nabi Shalallahu’alihi wa sallam adalah seorang Nabi yang Allah utus untuk memberikan kebenaran kepada manusia jadi hendak nya apa-apa yang di perintah kan Allah Subhanahu’wata’ala melalui Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam kita selaku muslim yang taat jangan menyelisihi nya karena jika bukan Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam yang kita contoh mau siapa lagi. Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam sudah menyeru kepada hal-hal yang Allah Subhanahu wata’ala perintah kan sejak zaman kenabian dulu hingga zaman sekarang kita selaku umat nya, dengan apa Nabi Shalallahu’alaihi wa sallam memberitahu kepada kita sekarang selaku umat nya? Tentulah dengan memerintah kan kita mencintai kalam Allah Subhanahu wata’ala yaitu Al-qur’an dan mempelajari sunah-sunah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam melalui hadits yang memang shahih dan bersanad sampai kepada beliau shalallahu’alaihi wa sallam.

Banyak sekali sunnah-sunnah yang bisa kita pelajari dan teladani dari Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam dari mulai bagun beliau sampai beliau kembali tertidur, dari kegiatan yang umum sampai khusus semua nya bisa kita contoh apapun yang Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam lakukan, ada beberapa keutamaan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam di antara nya adalah :

  • Solat Tahajjud

Semua rasul, Nabi, kekasih Allah (auliya “) dan para ulama salaf tidak meninggalkan solat tahajud. Ini merupakan ciri orang soleh dan ikhlas. Dalam rangkai sahabat Ali Bin Thalib menyatakan bahawa, salah satu dari obatnya hati adalah shalat malam dan tahajud. Dan Allah S.W.T berfirman: “Dan pada sebahagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah mudahan Tuhan Mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji, “(Al-Israa ‘: 79)

  • Membaca Al-Quran dengan mentadaburi makna nya

Al-Quran merupakan petunjuk dan sumber kehidupan. Al-Quran merupakan pedoman muslim untuk hidup dan menjalani kehidupan. Maka membaca dan mentadaburi  Al-Quran itu penting sekali, kita tidak hanya disuruh membaca, tetapi juga memahami dan menghayati artinya serta dilanjutkan dengan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

  • Memakmurkan Masjid / Solat berjamaah di Masjid

Masjid adalah rumah Allah. Masjid adalah sebuah tempat suci bagi orang-orang yang sentiasa mensucikan dirinya secara lahir maupun batin. Masjid merupakan tempat untuk menggembleng pengalaman-pengalaman ruhani / spiritual, mengokokohkan iman dan tauhid. Masjid juga sebagai tempat tinggal landas bagi Mi’rajnya orang-orang beriman. Dalam artikata masjid sebagai tempat menginternalisasikan nilai-nilai Ilahiyah ke dalam dirinya sebagai modal utama dalam kehidupan, baik secara individu, dalam lingkup rumah tangga, masyarkat dan bangsa bahkan dalam lingkup dunia global.

  • Shalat Dhuha

Salah satu rahsia Solat dhuha adalah kerana Solat Dhuha adalah sedekah.Shalat dhuha adalah ibadah sunnah yang senantiasa dilakukan Rasullah Saw.

Setiap amal ibadah yang diperintahkan ataupun dianjurkan Allah dan Rasul-Nya pasti ada rahsia yang tersembunyi di dalamnya. Memang kadang kemampuan akal kita tak dapat menjangkau / memahaminya. Tapi yang pasti semuanya itu adalah demi kemaslahatan dan kemanfaatan kita. Dari Abu Hurairah radhiyallahu‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kenderaannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kenderaannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan solat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah. [HR. Bukhari dan Muslim] Orang-orang salafush-soleh pernah bilang jika kalian menginginkan kebahagiaan di dunia dan akhirat kelak, maka lakukan shalat dhuha

  • Bersedekah

Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari. Seorang sudah boleh disebut mukmin yang sebenarnya, jika sudah bersedekah. Carilah rezeki dengan sedekah. Demikian juga bertaubatlah dengan bersedekah, jika kita sakit juga hendaknya bersedekah. Banyak sekali ayat-ayat Al-Quran yang menegaskan dan memerintahkan akan hal ini. bersedekah merupakan tolak ukur dan ciri dari orang-orang yang beriman, soleh dan bertakwa.

  • Menjaga wudhu terus menerus kerana Allah menyayangi hamba yang berwudhu.

Nabi saw, senantiasa dalam keadaan wudhu, baik dalam waktu dan keadaan apapun. Jangan tinggalkan wuduk. Kalau batal, berwudhulah kembali. Hal itu merupakan keperluan kita sendiri dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Kalau kita selalu berwudhu insya Allah akan selamat dari ikatan dan kegenitan dunia dan terjaga dari hal-hal yang kotor (kotoran yang bersifat maupun ruhani). Seterusnya kita terjaga dari hal-hal yang tidak bermanfaat dan dari perbuatan-perbuatan dosa dan tercela. Karena wudhu merupakan proses pembersihan badan kita secara silmutan dilanjutkan dalam rangka untuk pembersihan fitrah dan hati atau rohani kita

Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu solat walau ia sedang tidak solat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah”.

  • Amalkan istighfar setiap saat.

Dengan istighfar masalah yang terjadi kerana dosa kita akan dijauhkan oleh Allah. istighfar setiap saat dan dalam segala aktiviti apapun diperintahkan beristiqfar. Ketika kita mau tidur, mau makan dalam melakukan suatu pekerjaan, di jalan, di mobil dan di manapun hendaknya selalu dalam keadaan beristiqfar. Orang yang kuat istiqfarnya, maka naluri dan kecenderungan rahmatnya (berguna dan boleh membahagiakan orang lain atau bahkan makhluk lain) sangat kuat sekali. Ia pun juga menjadi penuh dengan keutamaan-utamaan, doanya mustajab dan firasatnya tajam.

Itulah beberapa sunnah yang utama yang sering di lakukan Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam, jika kita bisa mengamal kan nya setiap hari insya allah hidup kita akan di mudah kan dan di berkahi oleh Allah Subhanahu wata’ala. Namun selain Sunnah-sunnah keutamaan tadi ada juga sunnah-sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam dalam hal lain seperti salah satu nya dalam berpakaian dan berjenggot, memang apa hubungan nya sunnah dengan berpakaian dan berjenggot? Sebenar nya tidak bisa di korelasikan dalam satu hal yang sama hanya saja ini semua adalah sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam. Mengapa demikian karena Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam memerintah kan untuk kaum muslim khusus nya ikhwan agar tidak melabuh kan atau menjulurkan kain celana nya sampai melamapaui mata kaki dan agar memelihara jenggot serta memotong pendek kumis.

Mengenai sunnah Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam tentang celana cingkrang dan jenggot adalah sebuah anjuran agar ikhwan khusus nya menjadi lebih bertaqwa, untuk penjelasan mengenai celana cingkrang dan jenggot juga di sebutkan di bebeapa hadits shahih di antara nya hadits yang menjelaskan tentang celana cingkrang adalah Dari Al Asy’ats bin Sulaim, ia berkata :

سَمِعْتُ عَمَّتِي ، تُحَدِّثُ عَنْ عَمِّهَا قَالَ : بَيْنَا أَنَا أَمْشِي بِالمَدِيْنَةِ ، إِذَا إِنْسَانٌ خَلْفِي يَقُوْلُ : « اِرْفَعْ إِزَارَكَ  ، فَإِنَّهُ أَنْقَى» فَإِذَا هُوَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ إِنَّمَا هِيَ بُرْدَةٌ  مَلْحَاءُ) قَالَ : « أَمَّا لَكَ فِيَّ أُسْوَةٌ  ؟ » فَنَظَرْتُ فَإِذَا إِزَارَهُ إِلَى نِصْفِ سَاقَيْهِ

Saya pernah mendengar bibi saya menceritakan dari pamannya yang berkata, “Ketika saya sedang berjalan di kota Al Madinah, tiba-tiba seorang laki-laki di belakangku berkata, ’Angkat kainmu, karena itu akan lebih bersih.’ Ternyata orang yang berbicara itu adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aku berkata,”Sesungguhnya yang kukenakan ini tak lebih hanyalah burdah yang bergaris-garis hitam dan putih”. Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah engkau tidak menjadikan aku sebagai  teladan?” Aku melihat kain sarung beliau, ternyata ujung bawahnya di pertengahan kedua betisnya.”

Dan hadits Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam tentang jenggot adalah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam memerintah kan untuk ikhwan agar memelihara dan memanjang kan jenggot seperti hadits Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

أَحْفُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى

“Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.”
(HR. Muslim no. 623)

Kedua hadits tersebut menjelaskan bahwa memang celana cingkrang dan jenggot adalah sunnah Nabi Muhammad shalallahu’alaihi wa sallam , celana cingkrang dan jenggot adalah simbol Sunnah Nabi yang bisa kita ikuti agar kita semakin bertaqwa dan semakin memahami apa sunnah-sunnah Nabi, dengan celana cingkrang dan jenggot kita masih bisa tetap terlihat umum dan menjalan kan segala aktifitas kita bukan menjadi halangan bahwa ini adalah sesuatu yang harus di hindari karena terkesan tidak umum, harus di hilang kan paradigma seperti susah mendapatkan kerja, susah berintiraksi dan susah bersosialisasi karena sering di anggap extreme. Harus nya kita faham dengan menjalankan sunnah kita bisa lebih merasakan manis nya iman dan islam. Itulah penjelasan mengenai celana cingkrang dan jenggot yang sering di anggap aneh dan tidak umum, semoga tulisan ini bisa membawa wawasan anda ke arah lebih baik terhadap sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam.

Bagikan informasi tentang Celana Cingkrang Dan Jenggot kepada teman atau kerabat Anda.

Celana Cingkrang Dan Jenggot | ittaqillah celana sirwal

Komentar dinonaktifkan: Celana Cingkrang Dan Jenggot

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 150.000
Ready Stock
SIDEBAR