Kontak Kami

( pcs) Checkout

Buka jam 09.00 s/d jam 21.00 , Sabtu, Minggu & Hari Besar Slow Respon
Untuk pemesanan Fast Respon Hubungi via WA/SMS ke 0812-2179-6013
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Berpakaian Laki-laki Menurut Islam

Cara Berpakaian Laki-laki Menurut Islam

Diposting pada 16 January 2018 oleh yudhihafidz

Dalam islam semua perkara dan urusan di atur sedemikian jelas dan detail nya bukan untuk mempersulit hamba nya namun justru untuk mempermudah hamba nya dan mengarah kan ke arah yang lebih baik, islam mengatur sangat detail perkara-perkara manusia sejak ia tidur hingga tertidur lagi maka benar lah agama islam adalah agama yang paling sempurna. Semua aspek hidup manusia di atur oleh norma-norma agama islam tidak terkecuali tentang cara berpakaian karena cara berpakaian dalam islam sangat lah penting baik bagi kaum muslim maupun muslimin. Dari cara berpakaian seseorang dapat terlihat dan menunjukan akhlaq diri nya karena itu adalah ceminan diri nya, pada kali ini kita akan membahas untuk laki-laki atau ikhwan yaitu mengenai cara berpakaian laki-laki menurut islam.

Cara berpakaian laki-laki menurut islam ini sangat di perhatikan baik dan buruk nya karena menyangkut hal mendasar dalam beragama, seperti apa harus nya cara berpakaian yang baik menurut islam? Tentu  lah pakaian seorang muslim yang menunjukan siapa diri nya, bagiamana kualitas keimanan nya dan bagaiamana cara dia bersayriat dengan menggunakan pakaian yang di sunnah kan oleh Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam. Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam memerintah kan untuk ikhwan agar mengikuti cara berpakaian yang di sunnah kan oleh beliau shalallahu’alaihi wa sallam dengan menggunakan pakaian yang mencermin kan diri nya seorang muslim yang baik. Di sadari atau tidak banyak yang menyepelekan akan pakaian untuk ikhwan ini karena beberapa banyak yang menganggap yang harus wajib memperhatikan pakaian nya untuk sesuai Syariah hanyalah wanita. Namun tau kah anda jika berpakaian untuk seorang laki-laki pun ada aturan dan sunnah dari Nabi Muhammad Shalallahu’alihi wa sallam dan ada beberapa hadits  nya. Memang tidak sebanyak aturan untuk pakaian wanita namun untuk ikhwan pun ada kidah-kidah dan cara berpakaian menurut islam yang baik.

Tentu islam menganjur kan cara yang terbaik untuk umat nya agar umat nya sesuai syariat yang sudah di tentukan, di antara nya adalah :

  • MENUTUP AURAT

Menutup aurat jelas sekali bahwa bukan hanya wanita yang memiliki aurat, pria pun memiliki aurat yang harus di jaga karena memang dosa yang di dapat kan sama saja baik wanita maupun pria ketika menunjukan aurat nya, Dalam Islam, aurat lelaki dimulai dari pusar hingga lutut. Sama halnya dengan wanita, lelaki pun wajib menutup auratnya dengan pakaian longgar sehingga tidak membentuk lekukan-lekukannya.

Allah Ta’ala berfirman dalam al-Qur’an surat Al-A’raf ayat 26

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ

“Wahai anak cucu Adam sesungguh nya kami telah menyediakan pakaian yang menutup aurat”

  • TIDAK MENYERUPAI PAKAIAN WANITA

Fenomena yang sedang marak terjadi adalah kaum laki-laki yang menyerupai wanita baik sikap maupun cara berpakaian mereka, ini sangat jelas di larang dalam islam karena menyalahi kodrat untuk ancaman nya pun adalah di laknat oleh Allah Subhanahu wata’ala dan Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam seperti hadits yang di jelaskan dari

Imam al-Bukhari meriwayatkan dalam kitab shahihnya

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: لَعَنَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنَ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنَ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhu, dia berkata, “Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.”

(HR. al-Bukhari)

  • TIDAK MENYERUPAI PAKAIAN KHAS NON MUSLIM

Maksud dari tidak boleh menyerupai kaum non muslim adalah tasyabu artinya kita menyerupai dan mengikuti kebiasaan non muslim tidak terkecuali dalam cara berpakaian seperti hadits yang di riwayat kan dari

Abdullah bin Amr

 عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ قَالَ: رَأَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَىَّ ثَوْبَيْنِ مُعَصْفَرَيْنِ فَقَالَ « إِنَّ هَذِهِ مِنْ ثِيَابِ الْكُفَّارِ فَلاَ تَلْبَسْهَا »

 Abdullah bin Amr berkata: Rasulallah shallallahu alaihi wasallam meihatku mengenakan dua kain berwarna merah (karena dicelup dengan tanaman usfur) lalu beliau shallallahu alaihi wasallam bersabda,’Sesungguhnya itu adalah pakaian orang-orang kafir maka janganlah engkau kenakan.” (HR. Muslim)

  • TIDAK ISBAL

Isbal adalah istilah untuk pakaian yang memiliki panjang dibawah mata kaki hingga menyentuh tanah. Dahulu, para laki-laki yang memiliki harta dan jabatan tinggi memanjangkan pakaiannya untuk meyombongkan diri. Inilah yang dilarang oleh Islam.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَمَا أَسْفَلَ مِنْ الْكَعْبَيْنِ مِنْ الْإِزَارِ فَفِي الن 

Dari Abu Hurairoh radhiallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sesuatu yang berada di bawah mata kaki dari pakaian (sarung) adalah di dalam Neraka” (HR. al-Bukhori)

Hadits di atas menunjukkan larangan isbal secara umum, baik melakukannya karena kesombongan atau tidak. Dengan begitu untuk laki-laki, celana, sarung atau pakaian lainnya tidak diperkenankan melebihi mata kaki.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : لاَيَنْظُرُ اللَّهُ إِلَى مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلاَءَ.

Dari Abdullah bin Umar radhiallahu anhuma bahwasanya Rasulallah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Allah tidak akan melihat (pada hari kiamat) orang yang melabuhkan pakaiannya karena sombong.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah shallallahu Alaihi wa sallam sendiri mengenakan sarung hingga batisnya. Hal ini sesuai dengan riwayat Ahmad sebagai berikut.

Dari Abu Sa’id berkata: Saya telah mendengar Rasulallah shallallahu alaihi wasallabersabda, “Kainnya seorang mu’min adalah sampai kedua betisnya, tidak mengapa antara betis dengan dua mata kaki.”

(HR. Ahmad dengan sanad shahih)

Itulah beberapa cara berpakaian laki-laki yang baik menurut islam dan sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi wa sallam dengan memperhatikan beberapa cara yang biasa Nabi Shalallahu’alaihi wa sallam insya allah kita akan mendapati kehidupan yang lebih baik dalam hal berpakaian tentu nya selain itu juga insya allah kita akan mendapat kan keberkahan jika kita menjalan kan sunnah sesuai perintah Allah Subhanahu wata’ala dan Rasulullah Shalallahu’alaihi wa sallam.

Bagikan informasi tentang Cara Berpakaian Laki-laki Menurut Islam kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Berpakaian Laki-laki Menurut Islam | ittaqillah celana sirwal

Komentar dinonaktifkan: Cara Berpakaian Laki-laki Menurut Islam

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 150.000
Ready Stock
Rp 150.000
Ready Stock
Limited Edition
Rp 150.000
Ready Stock
SIDEBAR